Minggu, 13 Februari 2011

Fakta Tentang Bumi


Bagi kita yang hidup di atas bumi, mungkin Anda beranggapan kita sudah sangat memahami hal ihwal kehidupan di planet ini, tapi, belum tentu, ada sejumlah fakta yang mungkin belum Anda ketahui. Mungkin sekilas tidak terlintas dalam benak Anda, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui yang dikutip dari Beijing Technology. Coba Anda jawab sejenak, lihat seberapa luas pemahaman Anda tentang masalah ini.
Apakah dalam satu hari itu akan selalu 24 jam ?
Pada 1000 tahun silam, satu hari di bumi hanya 18 jam sehari, dari hari ke hari rotasi bumi semakin lamban, dan dalam satu hari sekarang adalah 24 jam, menurut perhitungan ilmuwan, bahwa kelak di masa yang  akan datang, dalam satu hari di bumi akan menjadi 960 jam!

Berapa luas permukaan bumi ?
Luas permukaan bumi adalah 510,1 juta km persegi.

Berapa luas padang pasir di bumi?
Kurang lebih 1/3 areal bumi merupakan padang pasir, jika manusia tidak membatasi terhadap perilaku individu, maka padang-pasir akan semakin meluas. Gurun Sahara di Afrika Utara adalah padang pasir yang terluas di dunia, adalah 23 kali ubik air tawar tersimpan di bumi, hampir setengahnya dalam setengah mil dekat permukaan bumi. Di permukaan Mars juga banyak terdapat air, namun, hingga saat ini air yang terdeteksi berupa zat padat, tidak ada yang tahu secara pasti berapa banyak sesungguhnya kandungan air yang terdapat di sana.

Dimana kawasan di bumi yang rentan terjadi gempa dan letusan gunung berapi ?
Sebagian besar gempa bumi dan gunung berapi terjadi di 12 titik perbatasan lempeng bumi, dan sedikit banyak mereka bergerak di permukaan bumi. Namun, salah satu lempeng yang paling aktif adalah lempeng Samudera Pasifik, kawasan perbatasan yang mengelilingi lempeng ini kerap terjadi gempa dan letusan gunung berapi, karena itu disebut juga daerah gempa dan gunung berapi Samudera Pasifik, dari Jepang hingga Alaska sampai ke Amerika Selatan, jangkauan kawasan ini sangat luas.

Apakah inti dalam bumi itu zat padat ?
Menurut kabar, bahwa inti dalam bumi itu sebagiannya adalah benda padat, namun, karena suhu yang terlalu tinggi sehingga di sekeliling pusat bumi telah lumer, kita tidak pernah sampai di pusat bumi, karena itu ilmuwan juga tidak dapat mengomposisinya secara pasti dan akurat. Baru-baru ini ada ilmuwan yang mengemukakan sebuah konsep yang berani dan cukup menarik, yaitu membuat sebuah lubang dengan bor, kemudian memasukkan sebuah detektor untuk menyelidiki lebih banyak perihal bagian dalam bumi.

Berapa kecepatan angin yang tercepat di permukaan bumi?
Kecepatan angin “normal” yang paling cepat di permukaan bumi mencapai 372 km/jam, ini adalah catatan yang tercatat pada 12 April 1934 di Washington Mountain negara bagian New Hampshire, AS. Namun, dalam suatu Tornado yang terjadi diOklahoma pada Mei 1995 silam, kecepatan angin tercepat yang terdeteksi peneliti mencapai 513 km/jam, dan sebagai perbandingan, daerah angin di planet Neptunus paling cepat dapat mencapai 1448 km/jam.

Bagaimana kembang api yang berwarna warni itu terbentuk ?
Kembang api yang dimainkan pada hari raya beragam corak dan warna, itu adalah warna yang tercipta dari mineral di bumi. Strontium dapat menghasilkan warna merah tua, tembaga menghasilkan warna biru, natrium menghasilkan warna kuning, serbuk besi dan arang menghasilkan percikan api kuning keemasan, kilatan cahaya yang terang dan bunyi yang nyaring berasal dari serbuk aluminium.

Berapa total emas yang dihasilkan di dunia ?Secara total emas yang dihasilkan di dunia lebih dari 193 ribu ton (metrik ton), jika semua emas ini ditimbun jadi satu, dapat menumpuk sebuah susunan gedung empat persegi setinggi 7 lantai. Afrika dan Amerika Serikat adalah dua negara penghasil emas, Afrika Selatan menghasilkan 5300 ton emas/tahun, dan Amerika Serikat menghasilkan lebih dari 3200 ton /tahun.

Dimana tempat yang paling dingin dan panas di bumi ?
Anda keliru, jika menurut Anda bahwa lembah mati di Kalifornia, AS, adalah tempat yang paling panas di dunia, dalam satu tahun selama waktu yang relatif lama di sana sangat panas, namun, tempat terpanas yang tercatat adalah di sebuah daerah di Libya, pada 13 September 1922, suhu di sana mencapai 57.8 derajat Celcius, ini adalah nilai tertinggi dalam catatan suhu sejak itu. Pada 10 Juli 1913, suhu tertinggi di lembah mati Kalifornia, AS, mencapai 54 derajat Celcius. Daerah dengan suhu terendah di dunia adalah di pusat timur Kutub Selatan, suhu pada 21 Juli 1983 mencapai 89 derajat dibawah nol Celcius.

Bagaimana guntur itu terjadi ?
Jika menurut Anda disebabkan oleh petir, benar juga, namun, anggapan yang tepat adalah karena suhu udara di sekitar petir naik secara drastis, kurang lebih 5 kali lipatnya suhu matahari. Pemanasan yang tiba-tiba menyebabkan kecepatan udara mengembang lebih pesat dibanding velositas bunyi, ini akan mengompres udara di sekitar dan membentuk gelombang kejut, dengan demikian kita bisa mendengar suara guntur.


Berapa banyak debu luar angkasa yang jatuh ke bumi seiap tahun?
diestimasikan bervariasi, tapi USGS mengatakan paling sedikit 1000 juta gram, atau kurang lebih 1000 ton material luar angkasa memasuki atmosfir bumi setiap tahun dan menuju ke permukaan bumi. Satu grup ilmuan mengklaim microba yang menyebabkan epidemik flu juga berasal dari material asing
dari ruang angkasa.belum ada bukti mngenai teori ini.

Seberapa jauh debu biasa tertiup oleh angin?
penelitian pada 1999 menunjukan bahwa debu dari africa dapat mencapai florida AS. debu ini telah tertiup oleh angin dari africa utara dan terbawa setinggi 20.000feet ( 6.100 m).dimana debu ini terperangkap di trade winds dan terbawa sepanjang lautan.Debu dari cina juga dapat mencapai
Amerika utara.

Dimana Air terjun Tertinggi di dunia?
Air Terjun Angel Falls di Venezuela. dengan tinggi mencapai 3.212 feet (979 meter).

gunung berapi apa yang terbesar di bumi?
Gunung Mauna Loa di Hawaii menyandang gelar itu di bumi.berdiri dangan ketinggian lebih dari 50.000 kaki (9.5 miles atau 15,2 kilometer) dari dasarnya, yang berada di dasar lautan.

Dimanakah gempa bumi paling mematikan di bumi?
gempa paling mematikan yang tercatat terjadi pada tahun 1557 di china bag tengah. gempa ini menyerang daerah dimana sebagian besar orang hidup di gua2x yang dipahat dari batuan yang lunak.pemukiman itu runtuh,diperkirakan membunuh sekitar 830.000 orang. di tahun 1976 gempa mematikan lainnya melanda Tangshan, China.lebih dari 250.000 orang terbunuh.

Gempa apakah yang terkuat di bumi?
gempa bumi di chili tahun 1960, yang terjadi di lepas pantai, memiliki daya 9.6 skala richter dan mnyebabkan patahan sepanjang lebih dari 1.600 km.

Berapa jauh ke dalam perut bumi?
jarak dari permukaan bumi ke dalam perut bumi(pusat bumi) sekitar 3.963 miles ( 6.378 kilometer). kebanyakan dari bumi adalah cairan.kebanyakan bagian keras bumi hanya setebal 41 miles (66 kilometer)-atau berbicara relatif lebih tipis dari kulit apel.

Apakah Bulan selalu begitu dekatnya?
beberapa juta tahun yang lalu bulan lebih dekat dengan bumi.Bulan ada pada orbit terdekatnya. membutuhkan hanya 20hari untuk berputar mengelilingi kita menandai satu bulan calendar.Satu hari di bumi pada saat itu hanya 18 jam lamanya.Bulan masih bergerak menjauh sekitar 1,6 inci (4 cm) per tahun.Sementara rotasi bumi semakin pelan, memperpanjang hari kita. di masa depan 1 hari 960 jam lamanya.

Dimanakah titik daratan terendah di bumi?
Pantai Laut Mati di Timur tengah sekitar 1300 feet atau 400 meter di bawah permukaan laut.yang kedua Bad Water di Death Valley, California hanya 282 feet di bawah permukaan laut.

Sungai Apakah yang terpanjang di bumi?
Sungai Nil di Africa membentang 4.160 miles atau 6.695 kilometer.

Tempat apakah yang ter gersang di bumi?
sebuah tempat bernama Arica di Chile, hanya memiliki curah hujan sebesar 0.76 milimeter per tahun. dengan tingkat seperti itu akan membutuhkan 1 abad untuk mengisi 1 cangkir kopi.

Apakah benda di perut bumi kita bergerak?
ya...bahkan pada tahun 1999 para ilmuan menemukan bahwa material cair di dalam dan di sekeliling perut bumi bergerak. pergerakan dinamik tersebut sama seperti tornado.dan planet kita bergerak dengan cara yang aneh.

Dimanakah tempat terbasah di dunia?
Lloro, Colombia memiliki curah hujan rata2x 523.6 inci per tahun. atau lebih dari 40 kaki (13 meter).Ini 10 kali lebih tinggi dari kota bercurah hujan tertinggi di Eroipa dan Amerika.

Apakah Lembah Terbesar di bumi ?
Grand Canyon adalah lembah terbesar di bumi.Panjang cabang utamanya 277 mil (446 km).Tapi mari kita bandingkan.Valles Marinesis di Mars tersebar mencapai sekitar 3000 mil (4.800 km). Jika ditambahkan pada peta AS, maka akan membentang dari New York Ke kota Los Angeles. Di Mars celah dari lembah ini mencapai kedalaman 8 kilometer.

Berapa banyak gunung berapa di bumi yang telah meletus selama sejarah?
terdapat 540 gunung berapi di darat yang diketahui.tidak ada yang mengetahui berapa banyak gunung berapi bawah laut yang meletus dalam
sejarah.

Apakah sebagian besar udara adalah oksigen?
Atmosfir Bumi sebenarnya 80 persen nitrogen. kebanyakan sisanya oksigen dengan beberapa bgian kecil material lain di dalam nya.

Berapa persenkah Air di Bumi berada di lautan? 
Sekitar 97 %. Lautan menutupi hampir 2/3 dari permukaan bumi.yang artinya jika asteroid menabrak bumi kita kemungkinan terbesarnya adalah menghantam lautan.

Bagian Bumi manakah yang memiliki Persediaan air tawar terbesar?
Hampir 70% Persediaan air tawar di bumi tersimpan di lempengan es Antartica dan Greenland. Sisa dari persediaan air tawar tersebut terdapat di atmosfir, sungai, danau air bawah tanah yang hanya 1% dari persediaan air di bumi.

Berapa banyak daratan yang terdapat di bumi?
ada sekitar 196.950.711 mil persegi atau sekitar 510.100.000 km persegi.

Seberapa Panaskah di dalam bumi kita?
Temperatur bumi meningkat 36 derajat farenheit (20 derajat celcius) setiap kilometernya (0.62 MIL) kita turun ke dasar bumi kita. mendekati perut bumi,tmperatur diperkirakan paling sedikit mencapai 7000 derajat fartenheit (3.870 derajat celcius).

Dimana Tempat terdalam di lautan bumi?
Tempat terdalam yang pernah diketahui adalah 36.198 kaki (6.9 mil atau 11 kilometer) yaitu di Mariana Trench/Palung Mariana di Laut pasifik sebelah selatan jepang dekat pulau mariana.

ada berapa banyak serangan petir tiap detiknya di bumi ini?
Rata2x sekitar 100x per detik. ini hanyalah petir yang menghantam tanah.selama beberapa menit saja ada lebih dari 1000 badai diseputar bumi menyebabkan 6000 kilatan petir. kebanyakan terjadi dari awan ke awan.

Seberapa tinggikah permukaan laut akan meningkat jika lempengan es di antartika mencair?
Lempengan es Antartika menyimpan hampir 90% es di bumi dan 70% dari air tawarnya.jika keseluruhan permukaan esnya mencair, permukaan air laut akan meningkat sekitar 220 kaki, atau setinggi gedung bertingkat 20.para ilmuan mengetahui bahwa pencairan es ini sedang tejadi. PBB mengatakan dalam skenario terburuk tergantung dari seberapa peningkatan temperatur global- permukaan air laut akan meningkat sbanyak 3 kaki (1 meter) pd thn 2100.


0 komentar:

Posting Komentar