Senin, 14 Februari 2011

Suka dengan Permen lolipop? mw tw cara pembuatannya? simak disini..

Lolipop

Lollipop candy atau permen lollipop merupakan permen gula terfavorit yang sudah ada sejak jaman dulu kala. Permen ini lebih kita kenal dengan permen batangan dengan beraneka ragam warna dan bentuk yang lucu. Permen ini sangat disukai oleh anak-anak dan mudah dijumpai dimana-mana.


Tapi, tahukah anda bahwa membuat permen lollipop yang sempurna benar-benar membutuhkan proses yang tidak sederhana? Mari kita simak cara membuat permen lollipop berikut ini…

Di San Jose California terdapat sebuat pabrik permen lollipop tertua yang bernama Kendon Candies. Kendon Candies merupakan pabrik permen lollipop terbesar ketiga yang mampu menghasilkan kurang lebih 15.000 permen lollipop dalam sehari.

Menurut Tom Kennedy sang pemilik usaha tersebut, permen lollipop yang baik dihasilkan dari perpaduan 60% sirup jagung (corn syrup) dan 40% gula dan dipanaskan pada suhu 310 derajat fahrenheit dengan menggunakan thermometer permen yang baik.



Perpaduan sirup dan gula


Permen cair dari hasil pemanasan dalam boiler selanjutnya dituangkan diatas meja marmer. Proses ini disebut tempering guna menurunkan suhu masak permen cair. Setelah suhunya menurunkan, proses pemberian warna pun dapat dilakukan. Gunakan pewarna khusus candy yang aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.(Kesehatan nomor 1 !! )



















Pemberian Warna
Campurkan pewarna candy untuk membuat permen lollipop yang beraneka macam warna.Uleni hingga seluruh permukaan gula tercampur seluruhnya dengan warna.






















Untuk membuat permen lollipop yang beraneka macam warna. Buat terlebih dahulu lapisan permen berwarna putih sebagai inti permen, dengan ukuran 1 : 10 gan dengan warna lainnya.

Lalu Bagian yang putih, dilapisi dengan bagian permen yang berwarna-warni. Letakkan secara berselang seling agar permen lollipop menjadi paduan yang menarik.








cara memadukan warna






























Langkah berikutnya adalah memasukan adonan permen ke dalam roller penggiling agar permen tercampur dan membentang tipis.




































Setelah membentang tipis, permen diukur dan dipotong untuk dibentuk sesuai dengan bentuk yang kita pengen



































Nah kalo udah dipotong baru deh dibentuk sesuai keinginan kita dan diberi pegangan dari kayu atau plastik.



























Nih Lagi Dihias...



























Yang dah jadi Bisa dijual.. ini dia..











Mau Coba Sendiri buat dirumah?
liat ini videonya diyoutube.



0 komentar:

Poskan Komentar